teks

Senin, 19 November 2012

-->
STRUKTUR ATOM

Struktur atom menggambarkan partikel-partikel penyusun atom (proton, electron, dan neutron) berada di atom. Berawal dari percobaan Rutherford yang berpendapat bahwa atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif yang dikelilingi elektron pada lintasan tertentu. Teori ini bertentangan dengan teori eletrodinamika klasik yang dikemukakan oleh Maxwell bila partikel bermuatan dipercepat maka akan memancarkan energi. Maka menurut Maxwell bila electron bergerak mengelilingi inti juga akan memancarkan energi. Pada kenyataannya tidak pernah terjadi electron tertarik ke dalam inti atom. Kelemahan ini mendorong penelitian-penelitian lebih lanjut. Salah satunya penelitian yang cukup berhasil dilakukan oleh Niels Bohr terhadap spectrum atom unsur dan berhasil menyusun teori atom berdasarkan spektrum atom hidrogen.

1.      Spectrum Unsur dan Model Atom Niels Bohr
Sinar matahari merupakan gelombang electromagnet yang terdiri dari beberapa panjang gelombang. Menurut Max Planck terdapat hubungan panjang gelombang dengan energi dari suatu gelombang elektromagnet yang dirumuskan sebagai :
E   =   h  V                        V  = 
E   =  energi
V  =  frekuensi gelombang
h   =  tetapan planck

merkuri). Spektrum kontinyu adalah spektrum lengkap yang dihasilkan oleh cahaya matahari. Spektrum garis adalah spektrum yang dihasilkan oleh unsur.

2.      Model Atom Mekanika Gelombang
Elektron mempunyai sifat sebagai partikel sekaligus sebagai gelombang (dualisme partikel gelombang). Orbital merupakan tingkat energi dari suatu ruang yang mempunyai kebolehjadian terbesar (probabilitas) untuk menemukan elektron di sekitar inti atom. Menggambarkan orbital atom memerlukan tiga kuantum yang meliputi bilangan kuantum utama (n). kuantum azimuth (L), dan kuantum magnetik (m).

3.      Konfirgurasi Elektron (Membangun)
a.       Aturan Aufbau (membangun)
Electron mempunyai kecenderungan untuk menepati subkulit yang tingkat energinya rendah.
b.      Larangan Pauli menyatakan bahwa di dalam satu atom tidak boleh terdapat dua elektron dengan empat bilangan kuantum yang sama.
sumber: buku kimia erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar